Friday, January 26, 2007

W A B A H

Sedih membaca berita di tanah air..., satu persatu korban berjatuhan..., jadi inget waktu wabah dengue beberapa tahun lalu, pasien terpaksa tidur di velbet karena kamar penuh, stock thrombosit di PMI habis, sejawat yang jadi dokter jaga ga sempet tarik nafas dan makan akhirnya kena DHF. Tahun ini wabah di tanah air nambah flu Burung dan Demam Berdarah, satunya penyebabnya H5 N1, satunya dengue.... dua-duanya penyebabnya virus yang besarnya sepersekian micron tapi bisa membunuh manusia yang gagah perkasa sekalipun kalau tidak tertangani dengan cepat.

Sik..sik …jarene manusia itu makhluk Allah yang paling hebat..? Lha kok iso yo... kalah sama virus sing cilik mentik tak terlihat mata…? Ini pasti ada yg nggak pas deh... gara-gara si akal ga di fungsikan... kenapa sampe terjadi wabah...? Wabah penyakit ini munculnya karena ada yang menyalahi sunatullah, kenapa burung2 sedunia bisa terkena virus yang mematikan manusia juga? Mungkin karena ekosistem yang sudah berubah sehingga virus yang tadinya ga bahaya...jadi mengganas..., kenapa ekosistem bisa berubah...mungkin karena manusia tidak pernah memikirkan efek yang terjadi bila hutan di tebangin tanpa reboasasi, padahal hutan tropis ini paru2 dunia, untuk seluruh makhluk hidup di atasnya, tidak hanya manusia tentunya.
Kadang bangsa Indonesia ini juga suka lupa..apakah itu jorok atau tidak memelihara kebersihan... lho...gimana to... katanya negara muslim terbesar di dunia, padahal kebersihan itu sebagian dari iman, tapi sayangnya umat Islam kok ya sering lali to... yo... malah di negaran non Islam ini anak2 kecil sudah ngerti menjaga kebersihan.

Yah mudah2an wabah ini masih bisa di hambat, dengan membersihkan lingkungan dari sampah dan genangan air, meski ga fair buat nyamuk aedes agepty... burung dan ayam2 harus di musnahkan, meski menyedihkan buat peternak ayam (mudah2an ada ganti ruginya..), tapi hanya beginilah cara membasminya, maaf deh...habis manusia suruh pake akal...jadi pada saat manusia menggunakan akalnya ya memang jadi ga fair buat makhluk lain yang merugikan manusia... tapi ya mentang2 punya akal ... manusia jangan sombong...wong sama virus kecil aja bisa KO lho... apa coba yang mau di sombongkan...?

5 comments:

JengMayNot said...

Jadi ingat War of the Worlds ;). Invasi mahluk luar angkasa yang super hebat akhirnya bisa dihentikan "cuma" dengan virus flu biasa; karena mereka ternyata tidak kebal terhadap virus yg kita anggap biasa2 saja ini ;)

Yaah.. bagian dari hukum tesis-antitesis alam semesta, Mbak. Makhluk paling hebat bisa dikalahkan virus cilik. Seperti kalau suit gajah (jempol) kalah oleh semut (kelingking). Supaya manusia gak sombong kali ya.. nggak merasa hebat sendiri ;)

Tapi memang Flu Burung di Indonesia ini kok gak selesai2. Mungkin karena kita juga ragu2 "memusnahkan" unggas karena mikir nasibnya peternak ayam. Padahal di negeri2 lain kasusnya sudah selesai lantaran begitu wabah langsung memusnahkan unggas. Yaaah.. kadang kita suka sibuk menghindari short term consequences, tapi dgn demikian secara nggak sengaja malah memperbesar long term consequences.

Dodi Imam said...

yo nek ndik Indo ngono iku Vy, karo lingkungan gak peduli. Wong kene iki nek menurutku aneh, sing diurusi hubungan vertikal thok, sing horisontal gak dilirik blas.
eh, bojone mbakyune koncoku sing meninggal kenal karo bojomu yo? Kok mulek ae, hehe... dimakamno ndik Jogja kan? Nek we talk about the same person.

Anonymous said...

Dik May:
Thank's lho referensinya..aku belum nonton film War of the worlds, coba nanti kucari di Block Buster...

Sebenernya orang Indo itu pinter2, saking pinternya tidak mau belajar dari negara lain...:(

Dodi,
Yo begitulah lek agama sekedar jadi ritual, eman2 sakjane. Pemahaman beragama secara kafah iku yo dalam penerapannya dalam kehidupan sehari2 to...?

Apakah kudu di gawe hukume lek buang sampah sembarangan di dendo ndisek? Yo percumah di dendo sing atene di dendo ga duwe duwik...

Dodi Imam said...

hmm... sebenere gak usah didendo yo iso kok Vy, dikongkon push-up karo sit-up wae, dadi selain mendisiplinkan yo iso tambah sehat, hahaha...

Dondy Setyawan,drg. said...

iya memang bu, kita tenaga medis yang di daerah kesulitan sekali memberantas semua penyakit menular, apalagi intelektual ,lingkungan dan sebagainya did aerah masih rendah...kita sudah ngotot memberantas semua penyakit menular, waduh...waduh...