Sunday, January 21, 2007

TIGA KESENANGAN

Rasulullah pernah bersabda:
Hubbaba illayyaa min dunyakum salasuuth:
thoyyaabu wan nasa'u wa ju'ilat qurratu ayinii fii sholati.
Ada tiga hal yg sangat aku senangi di dunia ini, yaitu:
1. Wangi-wangian.
2. Istri yg shalihah dan
3. Ketenangan saat sholat.

Ketika itu beliau sedang duduk-duduk dengan para sahabatnya.

Tiba2 Abu Bakar Ash Shiddiq berkata:
Benar Engkau ya Rasulullah, akupun menyukai tiga hal lainnya, yaitu:
1. Senang melihat wajah Rasulullah,
2. Menafkahkan hartaku menurut kemauan Rasulullah, dan
3. Aku senang putriku berada di bawah pemeliharaan Rasulullah.

Umar lantas berkata:
Benar engkau, ya Abu Bakar, akupun senang akan tiga hal lainya,
1. Mengajak pada kebaikan,
2. Mencegah kemungkaran, dan
3. Berpakaian sederhana.

Utsman pun menyahut:
Benar engkau wahai Umar, akupun menyukai tiga hal lainya,
1. Mengenyangkan orang yg sedang lapar,
2. Memberi pakaian kepada org yg tak memiliki busana, dan
3. Membaca Al QurĂ¢n
Ali menyahut:
Benar engkau wahai Utsman, akupun menyukai tiga hal lainya, yaitu:
1. Melayani tamu,
2. Puasa pada musim panas, dan
3. Memukul musuh dengan pedang.

Ketika mereka sedang berbincang, lalu Malaikat Jibril datang dan berkata kepada Nabi:
Allah telah mengutus aku ketika mendengar pembicaraan kalian. Allah memerintahkan kepadamu, wahai Rasulullah, supaya engkau bertanya kepadaku tentang sesuatu yg aku cintai apabila aku menjadi penghuni dunia.
Rasulullah pun bertanya: Wahai Jibril, apa yg engkau cintai jika engkau menjadi penghuni dunia?.Jibril menjawab:
1. Memberi petunjuk kepada org yg sesat,
2. Menemani org yg taat kepada Allah,dan
3. Menolong keluarga yg fakir.

Selanjutnya, Jibril berkata:
Allah, Tuhan Yang Maha Mulia dan Maha Agung mencintai tiga hal yg ada pada diri hamba-Nya:
1. Mencurahkan segala kemampuan dalam berbakti kepada Allah,
2. Menangis karena menyesal telah berbuat maksiat, dan
3. Sabar ketika mengalami kefakiran.

Trus apa kira2 tiga hal yg aku senangi kalau aku diajak ngobrol sama nabi saat itu:

1. Aku senang kalau aku bisa membantu dan bermanfaat di dunia ini
2. Aku senang berkawan...dg siapa saja..
3. Aku senang belajar dr sesuatu... meski hanya dr seekor semut

Kalau tiga kesenangan anda apa?
Silahkan diisi sendiri...:
1..................
2..................
3..................

4 comments:

Anonymous said...

Vy, nek aku kesenengane :
1. makan
2. minum
3. mimik
he..he..he...

Dodi Imam said...

kesenengan yo Vy, enake opo yo?
1. ngalor-ngidul
2. ngawur-ngawur
3. ngalor-ngidul ngawur-ngawur

Anonymous said...

1. seneng kalo orang lain seneng
2. seneng kalo orang lain seneng
3. seneng kalo orang lain seneng

Evy., DDS., OMFS said...

Versa...
abis makan, minum trus mimik...
pasti ndut kaya baby..ya..;-)


Dodi,
Ngawur-ngawur, ngalor ngidul, awas ojok sampe kesasar..hehehe...:D

Pakde Roviqi,
Maturnuwun sudah mampir, waah sama dong saya juga ikut seneng klo liat orang lain seneng... tapi saya juga sedih klo liat orang sedih...gimana ya..mungkin karena sy gembeng...:(