Tuesday, December 19, 2006

Senjata Ampuh

Pengen kaya..Ini kata sing paling sangat disuka saat sekarang ini, utamanya di indo..mungkin malah di seluruh negara juga kali..Nah, kalo untuk di indo.. biasanya bila sudah mendengar kata ini org bisa langsung kemruyuk pada pengen tahu, yok opo sih iso dadi sugih iku..carane gmn..dst-dst.
Ya..banyak cara menurut org2 itu..Ada sing pergi ke G.Kawi misalnya..ini sing paling sering utamanya di P. Jawa.. Trus ndatengin si mbah siapa gitu dan minta pesugihan..ada lagi sing harus nglakoni..harus melakukan ritual tertentu.. dan sik akeh neh.. Wis pokok'e biasane sing aneh2..ya kan.
Ada seorang ustad bilang..kenapa org2 pengen kaya kok malah menjauhi yg mempunyai sumber kekayaan..Logikanya kalo pengen kaya, seharusnya seseorg malah mendekati sumber kekayaan atau pemilik kekayaan, ya toh...Contoh.. Kita dalam suatu perjalanan ke luar kota misalnya.. Ditengah jalan kita kehabisan bensin untuk kendaraan kita, apa yg akan kita lakukan... ya,tentunya.. kita secara sadar atau engga sudah pasti akan mencari pompa bensin atau setidaknya org yg jual bensin kan..nah apakah kita saat itu akan dateng ke rumah makan atau ke rumah org untuk mengetuk pintunya untuk minta bensin..Tentu tidak toh. Jadi logikanya krn yg habis itu bensin kendaraan kita maka kita akan mencari sumber/tempat penjual bensin..Ya, kalo ke rumah makan atau ngetok rmh org itu sebenernya cuman untuk tanya dimana tempat penjual bensin berada kan.. Bukan untuk minta bensin.. Nah, seandainya si empunya rumah punya bensin dan bersedia berbagi bensin.. Tentunya bensin tsb dari kendaraan yg dia miliki yg akan dipake untuk ngasih kita..itupun paling yo ngga' akeh..toh paling yo sak liter atau dua saja..Lha kalo pengen akeh yo nyari atau dateng kesumber sang penjual bensin / pompa bensin tentunya...Ini hanya sekedar logika berpikir saja lho..
Jadi kalo kita pengen kaya, kemana kita harus mencari itu..ya datang kesumber kekayaan tentunya..siapa sumber kekayaan..? ya, jawabannya sudah jelas..Allah tentunya..Krn Allah-lah yg menciptakan kekayaan tsb..Sehingga mau tidak mau bila kita ingin mencari kekayaan, dateng saja ke sumbernya langsung tanpa perantara ini itu..langsung dateng saja..udah selesai kan..Nah, lantas sekarang masalahnya..Kemana kita akan mencari sumber atau pemilik kekayaan tsb, gimana caranya, numpak opo kesitunya, apa saja yg diperlukan untuk kesitu..dst2.Memang kadang manusia itu lupa..dan pancen sifat'e menungso itu lali.. atau pelupa.. Lek ngga' lali lak robot yo..ha.ha..
Manusia khususnya org Islam sebenernya sudah dibekali oleh Nabi sesuatu yg sangat ampuh.. Ya semacan senjata yg muhtahir lah kira2 begitu..Umat Islam sebenernya telah mempunyai bekal untuk bisa menuju kesumber kekayaan tsb..yaitu Allah. Dan cara yg paling efektif untuk kaya (misalnya)..mudah.. temui saja Allah, dimana dan kapan? Tentunya itu pertanyaan berikutnya..Ya, temui Allah pada saat kita sholat.. Itu kan saat kita ketemu langsung dan berkomunikasi langsung dg Allah.. (yg notabene pemilik dan pengenggam alam semesta) tentunya hanya Allah Yg Maha Kaya.
Kadang kita ini lupa dan hanya mengaggap bahwa sholat itu sekedar berdiri, ruku',sujud saja. Kita lupa apa hakikat sholat..itu..Kadang malah kita ini lupa atau bahkan tidak tau apa yg kita baca saat sholat...Coba kita telaah diri kita sendiri.. Pernahkan kita menyadari apa yg kita baca saat sholat itu.. Tahukah kita apa arti setiap bacaan dalam sholat, tahukan kita apa makna ruku dan sujud kita dst-dst..
Coba saja kita telaah satu bacaan saat duduk diantara dua sujud.. "Robbifighfirlii warhamnii, wa'jbunii, warfa'nii, warzuqnii, wahdinii, wa'aafinii, wa'fu'anni.
Yaa, Allah ya Tuhanku, ampunilah dosaku, belas kasihanilah aku, cukupilah segala kekuranganku, angkatlah derajatku, berilah rizqi kepadaku, berilah aku petunjuk, berilah aku kesehatan dan berilah aku ampunan...
opo ngga... hebat sebenrnya permohonan kita itu saat berkomunikasi dan berhadapan langsung dg Allah.. Lihat saja kata2 tsb..itu semua yg kita cari kan selama ini..Tapi kenapa yo kok pas moco iku kadang kita ini cepet2an..kan kesusu-susu..(Kadang awak dewe yo gitu'e..). Kenapa kok pas baca itu kita resapin hayatin dg seksama..tentu hasilnya kan lain..Sayang memang kita kadang tidak menyadari bahwa dan ternyata semua yg kita cari dan inginkan dalam kehidupan ini ada jawabanya dalam sholat yg selalu kita laksanakan. Setidaknya 5x sehari itu...Ayo, kita coba baca arti dan telaah makna bacaan sholat kita.. Ayo, kita buka lagi cara bersholat yg benar..Ayo, kalo perlu kita ambil buku dari putra-i kita yg masih kecil.. Tg tata cara sholat..Ayo, kita beranikan diri untuk mengerti arti2 bacaan tsb..Ayo, kita coba bareng2 yuk.Semoga kita bisa mendapat makna sholat yg sesungguhnya.
Subhanallah walhamdulillah walaailla ha illaalhu akbar.

2 comments:

Dodi Imam said...

Vy, pompa bensin kan ono pemilike, dan kadang2 ono sing duwe luwih teko siji, dadi enake nangdi? Nang pom bensine opo nang sing duwe pom? Hehehe...

Gak penting:
kesusu-susu kan enak? hahahaha...

Anonymous said...

Iyo dod,lek sing duwe pom bensin bu mega yo teko nang bu mega, be' be' e kei gratis... hehehe...