Friday, December 22, 2006

MY MOM

Aput and her two little girls (Alsa and Riri)
BUNDA

Kubuka album biru
penuh debu dan kusam
kupandangi semua gambar diri
kecil bersih belum ternoda

pikirkupun melayang
dahulu penuh kasih
teringat semua cerita orang
tentang riwayatku

kata mereka diriku selalu dimanja
kata mereka diriku selalu ditimang

nada-nada yang indah
selalu terurai dariku
tangis anak dari bibirku
takkan jadi deritaku

tangan halus dan suci
telah menangkap tubuh ini
jiwa raga dan seluruh hidup
rela dia berikan

kata mereka diriku selalu dimanja
kata mereka diriku selalu ditimang

oh bunda ada dan tiada dirimu
kan selalu ada didalam hatiku
She is gently but strong…
She is a good cooker
She is a good manager…
She is good at sport and
She always won the competition
She is a lady…
She is the other side of me..
She is the best ever woman in my life
She is my Mom

Ya Allah anakku…, masak kaos bagus2 di potong lengennya… celana bagus2 kok di sobek lututnya…piye too…? Itu helm mbok pake yg ibu beliin jangan pake punya adikmu… ( I was trying to be cool, but I am not sure now, maybe I look more crazy instead of cool).

Menyesal rasanya kalau mengingat aku selalu menolak advice lady-look. yg beliau sarankan, selalu kutolak gaun yang beliau jahitkan untuk anak perempuan satu2-nya. Masih teringat pulang latihan karate, keringetan di paksa pake gaun hanya karena mau foto keluarga…untuk di kirim ke bapak di Australia, alhasil di foto pake gaun tapi tampang kayak orang mau maju ke medang perang… hiks…
It was a hard time, tiap hari having hard discussion cuman gara2 costume-ku yg tampak mengerikan in her eyes…, semua girly things aku refused dan aku malah bongkar2 gudang…nemu jacket tentara, sepatu boot, ransel… (herannya bapakku diem aja…malah senyum2…).

Ibu mau kamu jadi dokter, biar pake rok… lagian kamu nanti jadi ibu, dokter bisa praktek di rumah… jangan masuk tehnik nanti tambah parah… udah mau protes berat…boro2 mikir jadi ibu, pacaran aja aku ga tertarik…males lihat cewe pada nangis…naksir2 sih ok-lah… tapi sapa berani naksir preman…he..he..he…?

Well… OK, aku sebenenernya males ngapalin… ya ibu tulis deh… (mulai pake politik…) hmmm… diem2 ku ganti pilihan pertama kedokteran ke Sipil ITB, Tapi Allah lebih mendengar doa ibuku… masuklah ke pilihan kedua pilihannya… ibuku sujud syukur…langsung semangat njahit baju untuk-ku…modelnya rempel2 spt rok SD-ku, blus-nya kantong di tengah… temen2ku ketawa…katanya aku spt anak SD… mereka udah bedakan dan lipstikan, sementara aku..sepatu basket all star, pake rok rempel2, helm-nya cakil, bener2 kayak makhluk luar angkasa… ibuku ga tahu aku masih dandan ajaib…klo week end aja beliau pulang ke Bandung dr Jakarta, agak rapihan…(main politik lagi…) udah seneng…piro bijimu…? Seperti biasa pertanyaan-nya klo aku pulang sekolah waktu aku masih SD….Hmm bu aku mahasiswa…mana ada biji tiap hari, ntar klo ujian semester…

Ibuku selalu menemani-ku klo ujian, klo aku capek…(padahal males…mo molor…) tak waca’no po piye…? Ibuku selalu siapin makananku… beli susu di pasar…punya bayi ya bu kok belinya banyak sekali?…Engga anak saya yg besar seneng minum susu…sehari 6 gelas…(pantes aku kayak bayi sehat…). Kalau aku patah hati… (padahal yg di taksir aja kaga tahu gimana kok bisa patah hati…entah…) ibuku bilang…lha piye…klo ada di toko…ibu beli-in… hiks…hahaha…ga jadi patah hati malah nggegek…

Kasih ibuku ga pernah habis…aku sudah jadi dokter…ibuku masih mendoakanku…ibu baca qulhu kalau aku ujian…dan aku masih ngerepotin nitipin anak2… lalu kuambil begitu saja…dan kubawa ke US setelah riri begitu dekat dg beliau (I am sorry mom…)

Minggu lalu she is turning 60, sejak kutinggal kesehatan ibuku menurun… kena penyakit hepar, ibuku down…ibu ga bisa tennis lagi…ibu ga bisa golf lagi…ibu ga bisa bowling lagi…ibu udah lelah…ibu ga mau di apa2in biarin aja…kali waktu ibu sudah habis… I was crying, it’s seems not like her… pasti medicine yg bikin down gitu.. aku telpon sahabatku sejak jaman kuliah…Cosmas dokter bedah digestive…buat beresin… Coming emang luar biasa…selain trampil …dia juga support ibuku physically dan mentally (thanks a lot Coming… May God bless you).

Ibu ga pernah jauh bapak… anak2 bisa dititipin tapi suami engga begitu pesan ibuku… waktu itu aku pikir lemah sekali…(jawa…sekalee…) Tapi aku sekarang paham…kelemahannya adalah kekuataanya…siapa yang tega dengan wanita yg nyata2 menyatakan dirinya attach…?
Ibu masih menemani bapak…di manapun beliau berada…gimana ibu pak…seneng ga di tempat tugas bapak khan sepi tuh..? Telponku ke bapak, jawabnya seperti biasa…selama ada bapak ibu selalu bahagia…

Alhamdullillah, ya Allah… Robbighfirly wali wali daya Warhamhuma kama robayani shahira…sayangilah kedua orang tua-ku seperti mereka menyayangiku sewaktu aku kecil, doaku selalu sehabis sholat.

Maafin aku ibu…sekarang aku paham…setelah aku punya anak.., teriakanmu adalah kekhawatiranmu akan diriku,..tapi ketidakpahamanku membuatku melawan-mu, selalu meletakkan diriku the other side of you. Sekarang Riri jadi the other side of me… hiks mungkin ini karma-ku terhadap ibu-ku… ampuni aku ibuku… kumohon doamu.

I LOVE YOU MOMMY

4 comments:

Anonymous said...

Nice story, Mbak. Dulu aku juga kerjanya gak cocok terus sama ibuku, baru setelah jadi ibu bisa merasakan sendiri bahwa maksudnya ibu baik.. :)

BTW, harusnya kita "tukar ibu" kali, Mbak.. hehehe.. Ibuku ngambek waktu aku gak mau masuk IPA lantaran gak mau belah2 binatang. Soalnya ibuku pingin aku jadi insinyur atau dokter.. hehehe.. Untung keinginannya ibu supaya aku masuk psiko akhirnya kelakon juga.. :)

Dodi Imam said...

ooooo... iku to sing nggarai melu Takeda, I see, I see, hehehe...
Pantesan nek golek ojob musti sing kuwat, hahaha...

Evy., DDS., OMFS said...

Dik Maya, ya kemarin hari ibu sekaligus ulang tahun ibuku, udah tua begini aku makin paham kenapa ibuku dulu sangat khawatir, ternyata jadi orang tua itu ga mudah ya..., ide "tukar ibu" klo ada di kepala anak2 kita gimana ya...hahaha... wah musti introspeksi nih jadi emak...

Evy., DDS., OMFS said...

Hahaha... kateda iku wis seri kedua, seko jaman SMP melu karate sampe sabuk coklat... oyi..golek ojob sing perkasa gawe sparing partner... saiki lak usume smack down...hehehe