Sunday, November 20, 2005

TUJUAN HIDUP

Aku selalu bertanya-tanya apakah tujuan hidup kita sebenernya? Sekedar numpang lewat di dunia ini tanpa meninggalkan bekas apapun? Apa yang kita cari sebenernya di dunia ini?

Bagaimana kalo kita hidup ini tanpa suatu tujuan. Tentunya hidup kita akan tidak terarah sehingga semua arah kita anggap sama baiknya, tidak ada standar yg dipakai sebagai acuan. Sehingga akan amburadulâ'lah bumi ini. Yg berakibat hidup kita ini akan sia-sia.

Terimakasih kepada seorang sahabat yang telah membantuku menjawab pertanyaan ini.

Allah sebagai "Creator" pasti mempunyai "guidance" untuk manusia sbg salah satu makhluk ciptaaNya. Karena kita manusia maka "guidance"nya adalah....agama.. Untuk makhluk yg lain misalnya hewan "guidance" yo...opo yo..aku ngga' eruh.. Nah, tujuan hidup manusia (ini stl ta’ woco dari bbrp buku) utamanya adalah untuk mendapat Karunia & Ridho Allah. (QS.6:162 , QS.48:29).

Sehingga apapun yang kita lakukan dan kerjakan, sebisa mungkin (harus) kita arahkan untuk mendapat karunia dan ridho Allah.(QS.4:114) Ridho Allah kita maknaâ'i, sebagai tujuan antara untuk mendapatkan tujuan akhir sebagai ganjaran yg besar dari Allah yaitu yg berupa surga di akhirat.

Ridho mungkin bisa kita analogikan dg contoh spt ini: Andai kita memberi sebuah hadiah kemeja untuk seseorang, kemudian kemeja tersebut untuk ngelap sepatu bukannya malah dipakai, tentulah kita sbg pemberi hadiah tersebut tidak akan ridho. Nah, kalo karunia dan nikmat Allah yg diberikan kepada kita "disyukuri" dan digunakan dijalan yg ditunjukinNya tentulah Allah Ridho, malahan mungkin akan ditambah dg nikmat2 berikutnya.

Untuk tetap fokus pada tujuannya, manusia diberi petunjuk melalui Agama, dalam Islam yg kita pake sebagai acuan, ya.. Al Quran & As Sunnah.. Nah, ini kalo kita pikir-pikir.. Apa nggak hebat tuntunan agama (melalui Al Quran dan As Sunah) itu, disamping sebagai petunjuk manusia di bumi tapi sekaligus juga pentujuk di Akhirat... Mana ada buku yg bisa memberi petunjuk yang sekaligus semacam itu.. Yg bisa dipakai untuk dua alam yg berbeda.. Allahhu Akbar... Memang manusia dalam mencapai tujuannya sering tidak fokusnya dari pada fokusnya.. Ya... Emang lingkungan kita dimana kita berada juga sangat besar pengaruhnya terhadap manusia itu sendiri. Kadang kita tidak menyadari bahwa yg kita lakukan itu sebenarnya ngga baik, tapi karena lingkungan kerja dan sekitar kita semuanya melakukannya.. Udah deh, kita ngikut wae... dan menganggap itu sesuatu hal yang lumrah/ wajar.. Dan menjustifikasi bahwa itu ngga pa pa kok... Tapi kita lupa bahwa tolok ukur/acuan untuk menjustifikasi tadi bukannya Al Quran dan As Sunnah. Tapi logika cara berfikir kita sendiri yg mungkin kita ambil dari cara berfikirnya orang lain (misal orang barat). Ini sebenarnya sing nggak pas..

Konsekwensinya kalo manusia udah ngga fokus pada tujuannya.(QS.6:153) maka akan menjadi zalim, fasik dan kafir jika meninggalkan jalan yg lurus. Ya, emang kalo udah ngga direlnya..misal kereta api pastilah..nabrak sana-nbarak sini.. Sama aja, manusia kalo udah ngga fokus ketujuannya akan nabrak sana-nbarak sini juga. Malah akan cenderung menghalalkan segala cara. Melihat rusaknya tujuan hidup ummat (islam khususnya) sekarang ini, dari segi akidah utamanya. (Dari buku yg ta' baca - ini rodo' mengejutkan) dikatakan bahwa yg merusak umat ini sebagian adalah ulah para ulama, ustad, atau da'i yg mengajarkan hal2 yg menyimpang dari Al Qurâan dan As Sunnah. Fungsi mereka sekarang tidak hanya berdakwah melainkan juga bertindak sebagai tuhan-tuhan kecil. Artinya mereka membuat perubahan, menambah, atau mengurangi Nash Al Quran dan As Sunnah, kalo perlu malah menghilangkannya. Bahkan mereka berani memakai hadist2 palsu. Mereka seolah tidak takut dan mengabaikan ancaman Allah yg akan mengadzab 2x lipat kutukan yg besar (QS.33:67-68) karena telah menyesatkan umat. Wah, gawat juga jadinya.. Kita yg ngga tau apa2 bisa kena getahnya... ini kalo kita juga ngga' mau cari tau.... Dalam arti tidak mau belajar dan menelaah isi Al Quran dan As Sunnah. Jadi tinggal lleeb aja.. (koyok iklannya sosis) kita telan bulet2..Padahal kita udah dibekali akal untuk berfikir, bener ngga' yo...

So belajar Al-Quran sama2 dan saling mengingatkan serta sharing akan sangat berguna buat kita begitu khan rek? kita lanjut yuuk...belajar agama dan mengulas agamanya..

No comments: