Sunday, November 20, 2005


SIAPAKAH KITA?

Seorang sahabat berbaik hati menuliskan untukku tentang "Siapakah Kita?"

QS.51:56, “Dan tidaklah Kami ciptakan Jin dan Manusia kecuali beribadah kepadaKu".
Secara sadar ataupun tidak manusia mengemban fungsi sebagai Khalifah, yaitu sebagai penggarap alam untuk kemakmuran dan kebahagian hidup manusia itu sendiri. (QS.11:61) (QS.62:10) (QS.28:77).

Dalam hidup ini, manusia mempunyai prinsip ingin hidup bahagia dan sejahtera. Oleh karena itu manusia telah dibekali Akal dan Budi. Meskipun sudah punya bekal tersebut tetap aja manusia sering melanggar ketentuan2 Allah. Nah, agar manusia terhindar dari hal tersebut, Allah memberi tuntunan, tuntunan itulah yg kita sebut Agama. Tapi faktanya, semakin manusia itu maju dlm kehidupan modernnya, semakin gelisah hidupnya. Hidup dihantui kegelisahan, rasa takut menghadapi masa depannya dsb2. Mereka menyadari bahwa iptek yg dikuasai mempunyai manfaat yg besar namun dampaknya terhadap lingkungan juga luar biasa besarnya.

Akibatnya limbah budaya yg dihasilkan dari penguasaan iptek merebak kemana-mana. Kekejaman, penindasan, kemaksiatan, peperangan, keputusa'asan dsb mewarnai hidup dan kehidupan manusia itu sendiri. Penyebab utama semua ini akibat kekosongan rohani. Dengan kekosongan rohani ini menyebabkan manusia tidak tau lagi tujuan hidupnya sendiri, sehingga melemahkan hati nurani manusia itu dalam memancarkan kebenaran, sehingga nilai2 akhlak akan merosot dan kecenderungan untuk berbuat sesuai dan hanya menuruti egho masing2 individu manusia.. ..ini yg sering kita temui di dunia modern..

Mboh, kamu perlu makan opo ngga’ sing penting aku iso makan...Agamalah yg menjadi obat atas kekosongan rohani tsb. Dengan mempelajari, memperdalam,dan mengamalkannya Insya Allah kita akan terbebas dari kekosongan rohani tsb.

No comments: