Sunday, November 20, 2005


MANUSIA

QS. Al-Mu’minun 12-14
“Dan sesungguhnya kami telah suatu sari pati makanan yg berasal dr tanah. Kemudian kami jadikan saripati itu air mani yang disimpan dalam tempat yang kokoh (rahim). Kemudian air mani itu kami jadikan segumpal darah, lalu segumpal darah itu kami jadikan segumpal daging, dan segumpal daging itu kamu jadikan tulang belulang, lalu tulang belulang itu kami bungkus dengan daging. Kemudian kami jadikan dia makhluk yg berbentuk lain. Maka Maha Sucilah Allah Pencipta Yang Paling Baik.

Menurut Embryology :
Manusia terbentuk karena bertemunya sel sperma dan ovum, kemudian menjadi zygote..lalu jadi embryo terjadi perkembangan trimester pertama, kedua dan trimester ketiga. Pada akhir proses, setelah sang bayi tumbuh sempurna di dalam rahim ibunya selama 38 minggu, ia lalu lahir ke dunia. Kini bayi itu 100 juta kali lebih besar dan 6 miliar kali lebih berat daripada wujud awalnya.
Subhanallah, Al-Quran yang diturunkan beratus tahun yang lampau telah dapat menerangkan penciptaan manusia dan sesuai dengan Ilmu pengetahuan yang baru di ketahui saat ini. Apakah kita masih meragukan kebenarannya?

QS As-Sajdah 32;9
“ Kemudian Dia menyempurnakan dan meniupkan kedalam tubuhnya ruh dan Dia menjadikan kamu pendengaran, penglihatan dan hati, tetapi sedikit sekali kamu yg bersyukur”.

Allah menciptakan manusia dengan sempurna, terdiri dari Body, Mind, Heart and Soul. Soul, merupakan motor penggerak, ketika soul dicabut… semua tidak bisa lagi berfungsi. Bila memiliki soul, body and mind tetapi tidak memiliki “heart” jadi bengis; bila tidak memiliki "Mind" jadi idiot. Sementara "Body" hanya wadah, sifatnya materi, sayangnya inilah yang orang sibuk konsentrasi, padahal bungkus ini bisa dibagus2in wraping-nya….tapi bila isinya kosong, tidak akan bermakna, bungkus kelak akan dibuang/dikubur jadi tanah.

Kenapa di dunia ini materi yg jadi point? Mungkin itu rasional saja karena pemikiran manusia dipengaruhi panca indera. Oleh karena itu manusia sibuk berkonsentrasi pada materi karena di dunia ini memang materi-lah yang mendapat penilaian tinggi diantara manusia lainnya. Manusia yang tidak menarik tidak terperhatikan.., padahal siapa yang ingin tercipta jadi tidak menarik ? Apalagi yg sumbing…. Tapi tidakkah kita pernah berfikir, mereka itu begitu sabar, padahal mereka nggak minta diciptakan seperti itu? Apakah kita pernah mensyukuri telah diciptakan Allah begitu sempurna? Disisi Allah hanya yang bertakwa yang paling tinggi derajatnya. Meskipun saat ini banyak dokter yang sudah bisa menangani kelainan fisik bila memang di butuhkan, walaupun hanya ciptaan Allah-lah yang paling sempurna.

Pendidikan adalah usaha untuk mengembangkan “mind” memberikan kemajuan dan pemahaman sehingga manusia berfikir dan bisa mengexplorasi dunia dan menciptakan hal-hal baru sehingga ia bisa hidup di dunia dengan nyaman. Bila "mind" yg rusak atau tidak berkembang istilahnya mental retardasi, body bisa jadi besar, masih punya jiwa, punya hati tapi nggak bisa mengaktualisasikan.

Ruh/ "Soul" inilah sebenernya esensi kehidupan, motor kehidupan yg mengarahkan pikiran/akal kita, badan kita dan mengisi relung hati mengatur gerak langkah manusia untuk melakukan yg baik dan buruk. Yang sering lupa untuk di fokuskan kebutuhan ruh akan makanan berupa ibadah, karena ruh-lah yang akan menghadap Sang Khalik pada saat manusia mati.

“Heart” merupakan anugerah terindah Allah, sehingga kita mempunyai perasaan positif berupa, cinta kasih, berempati maupun perasaan negative berupa amarah. Inilah membuat manusia berkarakter. Penyakit hati, paling bahaya dibanding penyakit body, soul and mind..karena yg lain2 cuman ngerusak diri sendiri. Karena kerusakan hati ini akan mempengaruhi pikiran/rasio manusia untuk berbuat buruk. Bila yg satu ini rusak …bikin Negara bisa hancur…. Sepertinya disinilah mengapa agama diturunkan.

Manusia lahir membawa potensi baik dan buruk dalam dirinya, dalam perjalanan manusia banyak yg mempengaruhi perkembangan jiwanya, lingkungan, pendidikan, keluarga, agama dan lain-lain.

Sebenernya body, soul, mind and heart itu memang saling berkaitan. Semua unsur manusia harus seimbang bila ada yang timpang akan menjadi kacau dan mempengaruhi unsur manusia lainnya. Gimana caranya seimbang menurutku ya dipelihara semuanya, bukan cuman body-nya dan pikirannya, juga hatinya dan jiwanya…. Jadi belajarlah sampai tua, berolah ragalah, makan sehat dan minum vitamin sampai tua, beribadah sampai mati dan beramalah sampai mati, Wallahu alam.

No comments: